Pengertian Organisasi Dan Menajemen


Organisasi
1. Organisasi Menurut James A.F. Stoner : Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang dilakukan melalui orang-orang di bawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney : Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard : Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4.    http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi : Organisasi (Yunani: ργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Baik dalam penggunaan sehari-hari maupun ilmiah, istilah ini digunakan dengan banyak cara. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis). Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cukup sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.
5. UUD 1945 Pasal 28 : Organisasi dapat dirumuskan sebagai suatu kerjasama berdasarkan suatu pembagian kerja yang tetap. Hidup berkelompok pada umumnya membutuhkan suatu perkumpulan atau organisasi
6.  Organisasi Menurut Louis Allen ( Management and Organization ) : “Kita dapat merumuskan organisasi sebagai proses penentuan dan pengelompokkan pekerjaan yang akan dilakukan, menetapkan dan melimpahkan tanggung jawab dan wewenang, serta mewujudkan hubungan tanggungjawab dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam mencapai tujuan”.

7.  Organisasi Menurut G. R. Terry ( Principles of Management ) : Organisasi sebagai merupakan penentuan, pengelompokan, dan penyusunan macam-macam kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.



Kesimpulan :
Organisasi merupakan suatu perkumpulan atau perserikatan yang terdiri atas dua orang atau lebih yang mana di dalamnya terdapat pembagian tugas / wewenang, tanggungjawab serta kerjasama antar anggota demi tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya oleh organisasi.
 

Manajemen
1. Manajemen Menurut James A.F. Stoner : Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
2. Manajemen Menurut Mary Parker Follet : Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen : Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Efektif artinya tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan dan efisien artinya cara pelaksanaan tugas benar, terorganisir, dan waktu yang dihabiskan optimal, dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses mencapai tujuan tersebut.
4. Manajemen George R.Terry : Management is accomplishing of the predetermined objective through the efforts of other people (Manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui kegiatan-kegiatan orang lain).
5. Manajemen Harold Koonetz dan Ceryill O Donell : Management is getting things done through other people ( Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui orang lain).
6. Manajemen John M. Pfiffner : Management is concerned with the direction of these individuals and functions to achieve ends previously determined ( Manajemen berhubungan dengan pengarahan orang dan fungsi-fungsinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan).
7. www.google.co.id ( Ritha F. DAalimunthe, SE, MsI. 2003. “Keterkaitan Aantar Penelitian Manajemen Dengan Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Manajemen”. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. ) : Ilmu manajemen merupakan kumpulan disiplin ilmu sosial yang mempelajari dan melihat manajemen sebagai fenomena dari masyarakat modern. Dimana fenomena masyarakat modern itu merupakan gejala sosial yang membawa perubahan terhadap organisasi. Ada beberapa adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan suatu organisasi, yaitu :
Ø Tekanan pemilik perusahaan
Ø Kemajuan teknologi
Ø Saingan baru
Ø Tuntutan masyarakat
Ø Kebijaksanaan pemerintah
Ø Pengaruh dunia Internasional
8.  Manajemen Menurut Encyclopedia Americana : " the art of coordinating the ele-ments of factors of production towards the achievement of the purposes of an organization". Pencapaian sasaran organisasi terjadi melalui penggunaan manusia (men), bahan produksi (materials), dan mesin (machines)
9.  Manajemen Menurut Fayol : Manajemen merupakan Fungsi-fungsi untuk merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengendalikan.
Kesimpulan :
Manajemen merupakan suatu proses / seni dalam merencanakan, mengkoordinasi, mengatur, serta memimpin yang dilakukan melalui orang lain beserta fungsi-fungsinya untuk mencapai tujuan suatu organisasi dengan cara efesiensi, yakni memanfaatkan sumber daya organisasi yang ada.


0 komentar to "Pengertian Organisasi Dan Menajemen"

Posting Komentar

Pages

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers

Web hosting for webmasters